Wednesday, August 20, 2014

0

Review: 8..9..10.. Udah Belom?! by Laurentia Dermawan

Posted in , , , , ,


8... 9... 10... Udah Belom?!

by Laurentia Dermawan

5273610Sewaktu masih kanak-kanak, Nesya dan Vino adalah teman sepermainan. Saat mereka bermain petak umpet dan Nesya bersembunyi, Vino malah pulang dan tidak muncul-muncul lagi. Sendirian dan ketakutan, Nesya terus bersembunyi, hingga akhirnya ditemukan oleh Mike. 

Sepuluh tahun kemudian, Vino dan Nesya bertemu kembali. Vino tetap ingat pada Nesya, tapi Nesya tidak mengenali Vino. Ya, dua bulan sebelumnya Nesya mengalami kecelakaan bersama Mike, kekasihnya. Mike meninggal dunia, dan Nesya amnesia.

Vino jatuh cinta pada Nesya dan ingin membantu Nesya mengingat masa lalunya. Tapi setelah Vino tahu bahwa Nesya pacar almarhum Mike, sahabatnya sendiri, Vino malah ingin menutupinya. Vino ingin Nesya hanya mencintainya, tanpa mengingat kenangan akan Mike.

Dulu, saat Vino meninggalkan Nesya, Mike-lah yang menemukannya. Dan kini, saat Mike meninggalkan Nesya, akankan Vino yang mengisi hari-hari Nesya?


Paperback, 208 pages
Published July 2008 by Gramedia Pustaka Utama
original title     8... 9... 10... Udah Belom?!
ISBN13         9789792239072
edition language       Indonesian
setting                      Indonesia 


My Review



Sebenernya, novel karya Laurentia Dermawan ini udah lama terbit dan udah lama aku incar. Berhubung baru sekarang 'kelar' beli dan bacanya, ya, review-nya juga udah agak telat. Hehe..

Ada alasan tersendiri mengapa aku pengin banget baca ini, ya, tentang masa kecil. Masa kecil bagiku adalah masa yang paling indah, tak terlupakan. Tapi sampai sekarang aku nggak tau gimana lagi biar bisa balik lagi ke masa itu, masa yang udah ilang bertahun-tahun lalu. Gimana cara aku minta Tuhan biar bisa balik meskipun satu jam aja? Wadoh, malah curhat!

Aku beli novel ini dari bookstore online, mumpung ngasih harga miring. Awalnya, aku bakal kasih komen pada kavernya. Unik! Keren, sekali lagi aku selalu suka warna pastel apalagi dengan ilustrasi yang seakan diberi efek brush dan pencil, amazing! Cuma masalahnya, sebenernya yang jaga itu yang tokoh cowok, kan? Kenapa yang menutup mata justru tokoh ceweknya? Kalau si ceweknya dibikin ilustrasi nangis baru masuk akal, karena dia takut pulang gara-gara nggak ditemuin sama si cowok yang jaga.

Jaga apa sih?

Jadi, mereka itu, Vino dan Nesya, adalah teman masa kecil. Si Nesya sering bikin Vino terluka, tapi Vino tetep masih mau temenan sama Nesya. Dan diajaklah Nesya main petak umpet, dan Vino yang jaga. Pas hari udah malem, Vino keburu dimarahin bibinya karena udah mulai gelap dan dia harus pulang. Nesya-nya nangis tuh, takut pulang dan kejebak di taman lapangan. Tapi tiba-tiba ada sosok yang nyelametin, namanya Mike, tetangganya juga, tapi selisih kira-kira tiga tahun sama Nesya.

Dan satu lagi. Itu bayangan di belakang Nesya apaan sih? Serem banget. (iya, aku tau itu Vino). Tapi, adikku yang masih SMP, terus tanya: ini novel horor, ya?

Satu hal lagi, deh. Itu kaos kaki Nesya emang sebelah, ya? Atau kakinya aja yang belang? Hehehehe.

Nah, sekarang, maju satu langkah menuju ke isi novel ini. Prolog-nya langsung menuju ke masa kecilnya. Diceritakan begitu lancar dan penuh kepolosan. Hehe, aku suka sama sosok Vino. Yah, inilah yang membuatku suka dengan novel ini: berhasil ingetin aku sama seseorang di masa lalu. Tuh, aku bold sekaligus.

Pernah aku baca review dari yang lain, ia mengomentari, mana mungkin dua orang, teman dekat, tetanggaan, nggak bisa berkomunikasi, secara, ada internet dan jejaring sosial, apalagi orangtua mereka dulu akrab banget. Ya, menurutku sih masih bisa diterima akal. Nyatanya, aku, dulu juga punya temen deket, deket banget malah, udah aku anggep keluarga sendiri, sampai sekarang nggak dapet kabar tentangya. Itu kira-kira kenapa, ada yang tau?

Yang bikin aku nggak ngeh, yaitu, itu Vino apa ketularan amnesianya si Nesya ya. (Iya, Nesya itu amnesia gara-garra kecelakaan bareng si Mike, pacarnya. Dan Mike meninggal). Pas Vino pindah lagi ke 'rumah dahulu', masa iya, dia nggak bisa menyadari kalo cewek yang ada dikompleksnya itu Nesya? Ya, kecuali kalo di antara mereka emang nggak deket.

Secara keseluruhan, aku suka ide yang ditulis Laurentia ini. Cara penulisannya pun nggak bertele-tele. Berbeda dengan yang lain, Gramedia, khususnya teenlit seperti ini, selalu tipis-tipis novelnya, tapi, isinya juga disampaein secara langsung menjurus pada konflik, tidak mementingkan deskripsi, dan itu selalu bisa membuat pembacanya lebih teraduk emosi dan tak terlalu lama penasarannya.

Untuk typo, aku nemuin lumayan ada salah kata. Berhubung yang aku baca itu yang cetakan ke 3, jadi, mungkin sekarang yang udah masuk cetakan belasan dan ganti kaver, aku rasa udah nggak ada lagi typo. Semoga! Dan...jujur, aku lebih suka kaver lamanya daripada yang baru.

Di dalem novel ini, baik Vino dan Mike digambarkan perfect banget. Aku nggak tau seberapa perfect-nya Nesya juga kok bisa dicintai dua orang hebat seperti mereka. Padahal dia juga amnesia, dan Vino pun mengakui dia kaget liat ada orang yang bener-bener amnesia di depan matanya, dan itu teman kecilnya sendiri. Penggambaran Vino membuatku teringat sama satu nama. Eh, bukan ding, tiga nama. Ketiga-nya sama-sama berpengaruh penting dalam hidupku di masa lalu. Ya, persis seperti pemikiran Nesya, dia selalu ingin orang itu mencarinya. Dan, aku, ingin sekali salah satu dari mereka mencariku. Hehehehe. Tapi...

Sudah, sekarang kembali ke ide cerita. Meskipun udah banyak nih cerita tentang masa lalu, lalu kembali dipertemukan, tapi di novel ini, aku dapat merasakan, ah, gimana ya. Setelah sampai di ending, aku merasa ditarik lagi menuju masa lalu. Bikin aku nangis. Kalau aja kisahku seperti Vino dan Nesya; bisa dipertemukan lagi. Aku pasti nggak akan nangis nahan rindu kayak gini.

Aduh, kenapa jadi kayak curhatan gini, sih? Sorry, banget, kebawa suasana.

Si penulisnya lucu banget. Dia menyisipkan biodata singkatnya di belakang. Katanya, itung-itung nyelipin satu gambar setelah isinya tulisan doang sejak halaman pertama. Ya, di sana emang ada gambar. Sebelum gambar itu, ada tulisan "Oke, sekarang saya saranin kalian cepat-cepat ngumpet, mumpung mata saya masih saya tutup. Saya mulai hitung, ya. "8...9...10..., Udah Belum?!" Haha, gila, hampir aja aku mumpet, tapi ntar kalo Mbak Lauren nggak nemuin aku gimana, malah ntar arwah Mike yang nemuin. Haha. Soalnya sampe sekarang, mata Lauren masih ditutup tuh.

Oke, aku mau kasih 3,8 bintang buat novel ini. Ya elah nanggung amat? Aku akan kasih empat kalo sifat seorang Arvino Jelandra bisa lebih di low profile-in. Aku nggak suka sama yang terlalu perfect. Bagiku, yang sederhana saja bisa bikin kisah yang nggak mudah dilupakan, ya, my own Arvino Jelandra in my past did it! :) I miss him so much.

Dan, aku bakal kasih lima kalo lewat novel ini, kisah masa laluku bakal dipertemukan dengan tempat dan suasana yang sama dengan segmen paling menarik dari cerita ini. Happy ever after! Ya, Vino akhirnya jadian sama Nesya di tempatnya dahulu. Huahahaha, aku maksa amat perasaan.

Oke, cukup segini aja. Over all, I like it. Good job for Mbak LaDe!

0 comments: